Safety

Tag Out

 Artikel Sebelumnya kami telah menceritakan tentang Lock Out, nah kali ini kami akan menerjemahkan Tag Out sebagai bagian dari LOTO.

Tag Out Terbagi dalam dua bagian

1 Out Of Service tag

Sebuah label gantung yang terbuat dari kertas yang tidak mudah sobek, umumnya berwarna kuning dan bagian tepi kertas ada strip hitamnya. Diketerangannya ada tulisan out of service tag dan dilanjutkan dengan keterangan nama, department, tanggal pemasangan dan alasan kenapa label tersebut digantung. Label ini digantungkan pada peralatan yang sifatnya jika digunakan secara terus menerus bisa membuat kerusakan fatal, walaupun dalam keaadan tertentu masih bisa digunakan. Seberapa lama label ini tergantung, tergantung kondisi alat tersebut, untuk engineering biasanya memberlakukan waktu 6 bulan. Setiap pegawai yang bekerja bisa menggantungkan label ini dengan mengisi keterangan yang sudah disiapkan dengan tinta yang tidak mudah luntur, sebagai tanda supaya pegawai lannya tahu kondisi peralatan atau bahan tersebut. Setelah menggantung pengawai bisa mengisi  list buku safety dan wajib menceritakan dalam safety talk pagi, untuk pengingat dan tidakan selanjutnya.


2.  Danger Tag


Penanda buat peralatan yang tidak boleh  digunakan pada kondisi tertentu, dimana jika digunakan bisa membahayakan. Saat akan menggantungkan danger tag, yang menggantung label tersebut harus memastikan bahwa peralatan itu sudah tidak menghasilkan energy yang tersisa, baik listrik, mekanik, kimia, pressure dan sebagainya.  Yang menggantung adalah salah satu pegawai yang akan bekerja pada peralatan tersebut dengan pengawasan supervisi dari yang bertanggung jawab saat itu. Kertasnya berwarna merah dengan strip putih bagian tepinya dan ada tulisan Danger Tag dilanjutkan dengan keterangan nama, department, tanggal pemasangan dan alas an kenapa label tersebut digantung. 


by:

Admin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar