Safety

BLIND SPOT

HV & LV
Company Australia sangatlah intens dalam hal safety berkendara, ketika pertama kali saya memiliki ijin full menggunakan mobil LV (kecil) di areal tambang, rasanya seperti lulus ujian kembali di sekolah.
Ada empat tahapan yang harus saya lewati, kecukupan berkas, tes tulis, wawancara dan praktek di areal "extrim" diantara mobil raksasa yang membawa hasil tambang. Tiap awal pekerjaan kami selalu briefing dalam bekerja termasuk berkendara, sempurna.

Bagaimana perhatian kami ketika ingin mendahului mobil yang 15 - 20 kali lebih besar dari kendaraan kami? Walau jalan di areal itu luas, kami hanya bisa memiliki jarak pandang tertentu ketika/sedang  mendahului. Kami di mobil kecil memiliki blind spot (titik gelap/tidak kelihatan) ketika mendahului yang dapat membahayakan kami sampai fatal jika momentnya tidak tepat. Butuh kode/pemberitahuan/ijin dari pengemudi mobil raksasa yang ada di depan berupa lampu tanda mendahului. Jarak dan kode dari dua kendaraanlah yang menentukan kapan  bisa mendahului.  Untuk itu kadang kami haruslah cukup bersabar akan kondisi tersebut.

Beberapa tahun berikutnya ketika tim kami kembali dari lokasi kerja, kami semua kelelahan, saat mobil akan parkir mundur sejajar dengan mobil lain, saya hanya mengandalkan  kaca spion di depan, hanya beberapa garis saja, team saya teriak, pak stop, dengan refleks saya injak rem dan mendadak berhenti. Beruntung tinggal beberapa centimeter maka menyentuh mobil lainnya. Kami pun sempat mendapat arahan dari ekspat, "jangan terlalu percaya spion, saat akan mundur, berhenti dan tengoklah beberapa waktu, ini titik gelap (blind spot ; biasa juga disebut blank spot) pengemudi".


Blind Spot Mirror

Blind Spot sangat sering kita baca dalam istilah mengemudi, tapi sebenarnya tidak terbatas dalam hal berkendara saja. Blind Spot dalam pekerjaan sehari-hari bisa juga terjadi potensi setiap saat, bahkan jika terjadi kegagalan sedikit saja bisa fatal akibatnya.

Untuk itu perlu setiap pagi dalam bekerja diharapkan tiap-tiap pekerja dalam kelompok mengadakan briefing singkat seperti Safety Talk. Ini sangat diperlukan, untuk memberikan arahan, menceritakan pengalaman atau mendiskripsikan sebuah tugas. Dari sini setiap masukan dari briefing bisa dicatat dan dijadikan masukan untuk dieliminasi jika kemungkinan ada hal-hal yang membahayakan (contohnya LOTO, JSA dan APD).

Blind Spot kurvanya bisa juga meningkat jika pekerja kurang istrahat pada waktunya. Cukup Istrahat adalah salah satu trik yang harus dikelola tiap pekerja untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Dengan kondisi fit, tiap pekerja bisa lebih fokus terhadap setiap kegiatan, sehingga pekerjaan bisa dapat diselesaikan sesuai yang diharapkan.

Manasje
Learning UBPNS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar